Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bola Basket Menurut Para Ahli

Bola basket adalah salah satu bentuk olahraga yang masuk dalam cabang permainan beregu. Hal senada menurut Dedy Sumiyarsono (2002: 1) bahwa dasar bermain bola basket dengan cara lempar tangkap, menggiring dan menembak dengan luas lapangan 28 m x 15 m dapat terbuat dari tanah, lantai, dan papan yang dikeraskan.

Apa pengertian bola voli menurut para ahli?

Permainan bola voli menurut Bachtiar, dkk. (2001:1.16), “Permainan bola voli adalah permainan beregu di mana melibatkan lebih dari satu orang pemain misalnya bola voli pantai dari dua orang pemain tiap regu, bola voli sistem internasional tiap regu terdiri dari enam pemain”.

Apa tujuan dari permainan bola basket?

Di Indonesia sendiri olahraga ini tidak sepopuler Amerika Serikat dan Kanada yang memiliki turnamen bola basket populer yang disebut National Basketball Association (NBA). Tujuan permainan bola basket sendiri adalah memasukan bola ke dalam gawang atau ring lawan dan mendapatkan poin.

Apa itu teknik dasar dalam bola basket?

Teknik dasar bola basket sendiri meliputi meliputi Tag Position (memegang bola), Passing dan Catching, Dribbling, Shooting, Lay-up, Pivot, Rebound, dan Screen. Dilansir dari laman resmi Kemdikbud, berikut ini penjelasan lengkap dari teknik-teknik dasar bola basket tersebut.

Bagaimana sejarah permainan bola basket?

Awalnya bola basket adalah permainan yang dikembangkan oleh seorang guru pendidikan jasmani bernama James Naismith sekitar tahun 1891. Saat itu, dirinya ingin membuat permainan yang dapat dimainkan murid-muridnya di dalam ruangan selama musim dingin.

Berapa ukuran lapangan bola basket?

Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan dua standar ukuran, yakni panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter untuk standar National Basketball Association (NBA) dan panjang 26 meter dan lebar 14 meter untuk standar Federasi Bola Basket Internasional.

Apa itu sepak bola?

Pengertian sepak bola menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan, yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2x45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Berapa menit waktu istirahat dalam permainan bola basket?

Selanjutnya, permainan bola basket juga memiliki waktu jeda antar babak atau biasa disebut half time. Waktu istirahat yang digunakan oleh FIBA yakni mencapai 2 menit antara babak 1 dan 2 serta 3 hingga 4. Sementara itu, pada pertandingan NBA biasanya waktu istirahat mencapai 130 detik antar kuarternya.

Apa itu Sejarah bola voli?

Permainan bola voli ini diciptakan oleh William George Morgan. Willian George Morgan merupakan seorang instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) di Young Men Christian Association (YMCA). Awal pertama kali diciptakan nama permainan ini diberi nama Mintonette.

Gerakan apa saja yang ada di bola basket?

Teknik Dasar Bola Basket

  1. Cara Memegang Bola (Tag Position) Meski terlihat mudah dan sering disepelekan, nyatanya memegang bola basket tidak bisa sembarangan, lho.
  2. Melempar dan Menangkap (Passing dan Catching) ...
  3. Menggiring Bola (Dribbling) ...
  4. Pivot. ...
  5. Shooting. ...
  6. 6. Lay-up. ...
  7. 7. Rebound. ...
  8. Screen.

Sebutkan teknik apa saja yang ada di dalam permainan bola basket?

D. Teknik Dasar Permainan Bola Basket

  1. Teknik Dasar Memegang Bola. Memegang bola dalam permainan bola basket merupakan hal yang paling mendasar.
  2. Teknik Mengoper atau Melempar Bola (Passing) ...
  3. Teknik Dribble ( Menggiring Bola) ...
  4. Teknik Pivot. ...
  5. Shooting (Teknik Menembak Bola) ...
  6. Teknik Rebound.

Pelanggaran Dalam basket dinamakan apa?

Pelanggaran bola basket dibagi menjadi dua kategori, yaitu foul dan personal fouls. Sanksi untuk setiap pelanggarannya pun berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahannya.

Berapa banyak pemain bola basket?

Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah lima orang dalam satu regu. Sementara, di luar permainan setiap tim memiliki pemain cadangan yang jumlahnya beragam dari 5-10 orang. Dengan durasi permainan: Pemain Starter: 30-40 menit apabila bermain dalam durasi 4 x 12 menit (48 menit).

Apa nama awal bola basket?

Awalnya Naismith memberikan olahraga ini sesuai dengan namanya, Naismith Ball, namun setelah diberikan saran oleh Mahan olahraga ini kemudian diubah namanya menjadi basketball (bola basket).

Permainan Bola basket diciptakan di mana?

TEMPO.CO, Jakarta - Permainan bola basket untuk pertamakalinya dimainkan pada 21 Desember 1891. Adapun tempat pertama yang menghelat pertandingan ini yaitu Sekolah Tinggi Young Men's Christian Association (YMCA) Springfield, Amerika Serikat (AS).

Permainan bola basket diciptakan oleh siapa?

James Naismith Bola basket / Penemu James Naismith adalah penemu olahraga bola basket dan orang pertama yang memperkenalkan pemakaian helm dalam olahraga American football. Wikipedia

Berapa lama waktu permainan bola basket?

Jika berpedoman pada aturan resmi FIBA, pertandingan bola basket dapat dimainkan dengan alokasi waktu 2 x 20 menit atau 4 x 10 menit. Artinya, permainan bola basket dimainkan selama 10 menit dibagi dalam empat babak atau kuarter.

Berapa berat bola dalam permainan bola basket?

Dalam pemakaiannya, bola di basket terdiri dari berbagai ukuran sesuai dengan regulasi asosiasi maupun usia pemain. Namun pada dasarnya, berat minimal dan maksimal bola basket adalah 580-620 gram dengan keliling 75-77 cm mengacu aturan Federasi Bola Basket Dunia (FIBA) untuk ukuran size 7.

Berapa lama waktu bermain dalam permainan bola basket?

Lamanya waktu permainan bola basket adalah 20 menit dan terdiri atas dua babak permainan dengan waktu istirahat selama 10 menit. Apabila berpedoman pada federasi Bola Basket Internasional, lamanya waktu permainan bola basket adalah 4 x 10 menit.

Kapan sejarah sepak bola?

Sejarah sepak bola dunia kali pertama dimulai pada abad ke-19 di tanah Britania Raya, yakni Inggris. Pada saat itu, sepak bola telah berkembang dan menjadi salah satu cabang olahraga yang paling banyak dimainkan oleh masyarakat dari berbagai penjuru dunia.

Post a Comment for "Pengertian Bola Basket Menurut Para Ahli"